Koran Pemuda Indonesia
Pemdes Jungjang Tampung Aspirasi Pedagang Terkait Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Jungjang

Kab Cirebon - Koran Pemuda, (04/08/2021) Pedagang Pasar Rakyat Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon kembali melakukan aksi terkait pembangunan revitalisasi Pasar Rakyat Desa Jungjang.

Berkembang Isu Harga Kios di Pasar Jungjang Terlalu Mahal, Berikut Harga Resmi Dari PT. Dumib

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (29/07/2021) Telah berkembang isu perihal revitalisasi pembangunan Pasar Rakyat Desa Jungjang Kec. Arjawinangun Kabupaten Cirebon, yang melibatkan pihak ketiga, yakni PT. Dumib, dianggap oleh beberapa pedagang mematok harga kios dan los yang terlalu mahal.

Ramai Disangka Gunakan Dana Sumbangan Untuk Anak Yatim, Berikut Klarifikasi Kuwu Desa Beber

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (04/07/2021) Sempat ramai dugaan Kuwu Desa Beber Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Momon memakan uang untuk dibagikan anak yatim. Dan sebagian warga memintanya mundur dari jabatan.

135 Desa di Kab. Cirebon Langsungkan Pilwu Serentak November 2021 Mendatang

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (30/03/2021) Dijelaskan H. Imam Ustadi, S.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, 135 yang tersebar di 38 Kecamatan diwilayah Kabupaten Cirebon akan melangsungkan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak pada November 2021 mendatang

Perlu Diketahui, Sejak 2 Februari 2021 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Telah Dihapus Digantikan Dengan PBG

Nasional - Koran Pemuda, (04/08/2021) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan menggantinya dengan Persetujuan Bagunan Gedung (PBG).

Utamakan Kesehatan, Ketua DPD RI Ajak Masyarakat Rayakan HUT RI Lewat Rumah Digital Indonesia

Nasional - Koran Pemuda, (16/08/2021)
Kondisi pandemi Covid-19 membuat perayaan HUT RI ke-76 harus dilakukan dengan sangat terbatas dan hanya bisa diikuti secara virtual. Meski demikian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengajak masyarakat memeriahkan peringatan Kemerdekaan Indonesia itu.

LaNyalla menjelaskan, masyarakat tetap bisa mengikuti upacara HUT RI secara virtual melalui Rumah Digital Indonesia (RDI).

“Semangat merayakan Kemerdekaan Indonesia tidak boleh memudar meski kita sedang pandemi. Namun, saya mengimbau agar masyarakat merayakan HUT RI secara aman di rumah bersama keluarga. Hindari menyelenggarakan hari kemerdekaan secara terbuka, apalagi sampai yang mengundang kerumunan yang bisa menyebabkan penularan Covid. Masyarakat bisa RDI untuk memperingati HUT RI ke-76 seperti melalui RDI,” kata LaNyalla, Minggu (15/8/2021).

Rumah Digital Indonesia yang bisa diakses melalui www.rumahdigitalindonesia.id, merupakan program kolaborasi Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Senator Jawa Timur itu mengatakan, banyak fitur di Rumah Digital Indonesia yang bisa dinikmati masyarakat untuk menyemarakkan momen HUT kemerdekaan. 

“Masyarakat bisa menikmati berbagai konten hiburan seni dan budaya, kemudian ada juga literasi digital, bazar produk-produk lokal UMKM, sampai bisa berinteraksi antar sesama pengunjung virtual. Di RDI masyarakat juga bisa menjelajahi berbagai keindahan alam dan budaya Nusantara sehingga bisa lebih mengenal Indonesia,” ucapnya.

RDI juga tidak akan membuat masyarakat kehilangan momen perayaan HUT RI seperti saat sebelum pandemi melanda. Hanya saja, kebiasaan-kebiasaan peringatan hari kemerdekaan dilakukan secara berbeda.

“Ada berbagai perlombaan khas 17-an yang bisa diikuti masyarakat secara virtual. Seperti lomba makan kerupuk, balap karung, dan tarik tambang.  Tentunya ini sangat menarik karena kompetisi tidak hanya dilakukan antar RT/RW tapi dari seluruh Indonesia,” sebut LaNyalla.

Masyarakat pun bisa melakukan kolaborasi karya antar sesama pengunjung Rumah Digital Indonesia. Kemudian, kata LaNyalla, masyarakat bisa mengikuti lomba video perayaan kemerdekaan bertema ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’.

“Silakan mengekspresikan ide-ide dengan berbagai konten karena perlombaan video kreatif ini masih dibuka sampai 20 Agustus 2021. Lewat Rumah Digital Indonesia, masyarakat juga bisa bergotong royong membantu sesama yang kesulitan lewat berbagai fitur yang tersedia," tuturnya.

“Dan pastinya ada berbagai acara hiburan yang akan disiarkan di Rumah Digital Indonesia. Seperti konser seni dari sejumlah seniman Indonesia, termasuk musisi Tanah Air. Maka untuk para generasi muda, ajak orang tua dan keluarga berpartisipasi merayakan hari kemerdekaan lewat RDI,” sambung LaNyalla.

Puncak peringatan HUT RI ke-76 di Rumah Digital Indonesia akan berlangsung pada 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB. LaNyalla mengimbau seluruh rakyat Indonesia turut menyaksikannya.

“Menyambut perayaan kemerdekaan juga bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Ciptakan momen khas 17-an dengan lomba-lomba bersama anggota keluarga,” ujar LaNyalla.

Lebih lanjut, LaNyalla berpesan kepada pengurus lingkungan seperti RT/RW agar kreatif membuat acara peringatan HUT RI. Bisa dengan lomba menghias rumah, hingga menyelenggarakan perlombaan antar warga secara virtual.

“Pada intinya, kemeriahan 17 Agustus masih bisa kita rasakan di era pandemi. Keterbatasan mobilitas dan ruang gerak di luar rumah jangan sampai melunturkan semangat nasionalisme,” imbau mantan Ketua Umum PSSI itu.

Masyarakat juga bisa menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual bersama Presiden Jokowi pada Selasa (17/8/2021) pada pukul 08.00 WIB dan upacara penurunan bendera sore hari pukul 14.30 WIB. 

Dengan mendaftarakan diri di ke https://pandang.istanapresiden.go.id/registrasi//, masyarakat bisa menyaksikan Paskibraka beraksi.

“Upacara secara virtual tidak akan mengurangi khidmat-nya peringatan hari kemerdekaan. Justru dengan keterbatasan yang ada saat ini, kita justru akan semakin menghayati perjuangan para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan bangsa dan negara,” tutup LaNyalla. 

(Arif Prihatin)
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel