Koran Pemuda Indonesia
Anggota Komisi III DPRD Jabar, Husin, SE ; Manfaat Jika Cirebon Timur Mekar

Cirebon - Koran Pemuda, (21/02/2021) Husin, SE., Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat dari Fraksi Nasdem Perindo mengatakan, banyak manfaat yang didapat dari pemekaran suati daerah, termasuk wilayah timur Kabupaten Cirebon jika terjadi pemekaran

Bupati Lampung Barat Hadiri Pelantikan Pengurus FSPP di Ponpes Al-Ittihad

Lampung - Koran Pemuda, (21/02/2021) Pengurus Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Lampung Adakan Giat Pelantikan FSPP Kabupaten Lampung Barat

5 Rekomendasi Teh Untuk Meredakan Sembelit

Kesehatan - Koran Pemuda, (20/02/2021) Sembelit atau Konstipasi membuat orang tidak nyaman saat aktivitas buang air besar

Diduga Lakukan Kekerasan, ART di Probolinggo Laporkan Majikan ke Polres

Probolinggo - Koran Pemuda, (21/02/2021) Pariyem, seorang asisten rumah tangga, melaporkan majikannya ke Polres Probolinggo Kota atas dugaan tindak pidana penganiayaan

Mobil Petugas Diduga Dibakar Saat Ungkap Aktivitas Illegal Logging di Kalbar

Kalbar - Koran Pemuda, (14/02/2021) Mobil dinas milik Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kalimantan Barat diduga dibakar orang tak dikenal

5 Rekomendasi Teh Untuk Meredakan Sembelit

Kesehatan - Koran Pemuda, (20/02/2021)
Sembelit atau Konstipasi membuat orang tidak nyaman saat aktivitas buang air besar. Fases yang keluar dengan kering, keras, dan bahkan susah dikeluarkan membuat kondisi semakin memburuk.

Secara langsung maupun tidak langsung, teh herbal dapat membantu meredakan sembelit. Faktanya, konsumsi minuman hangat menjadi cara jitu untuk menambahkan lebih banyak asupan air pada tubuh.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan cara alami untuk meredakan sembelit. Berikut adalah beberapa teh yang direkomendasikan meredakan sembelit

1. Teh senna
Daun senna banyak digunakan untuk mengatasi sembelit. Dikutip dari Alodokter, daun senna mengandung sennosides yang memiliki efek laksatif. Daun senna bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dan cukup diseduh dengan air panas.

"Senna memiliki efek pada otot usus besar dengan menstimulasi kontraksi yang bisa berguna untuk meredakan sembelit," jelas William Chey, profesor ilmu gastroenterologi dan nutrisi di Michigan Medicine, dikutip dari Livestrong.

2. Teh hitam dan teh hijau
Kafein membantu merangsang pergerakan usus. Selain kopi, konsumsi teh hitam dan teh hijau akan memiliki dampak serupa.

Dikutip dari Mayo Clinic, seduhan teh hitam mengandung kafein cukup tinggi yakni 47 miligram kafein dalam 236 mililiter teh. Sedangkan dalam volume yang sama, teh hijau memberikan 28 miligram kafein. Kandungan kafein keduanya mungkin kalah dengan kopi tetapi terbilang aman untuk orang yang memiliki toleransi kafein rendah.

Di samping meredakan sembelit, teh hitam maupun teh hijau akan memberikan manfaat lebih yakni flavonoid untuk memerangi inflamasi dan mendukung sistem imun.

3. Teh chamomile
Teh chamomile memiliki efek menenangkan sehingga kerap diandalkan saat stres dan cemas melanda. Rupanya teh satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan sembelit. Dilansir dari Medical News Today, secangkir teh chamomile setelah makan atau di penghujung hari akan membantu membuat otot usus rileks dan mempercepat waktu antara makan dan pergerakan usus.

4. Teh jahe
Sembelit tak jarang membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Teh jahe akan membantu pencernaan setelah Anda makan berat. 1-2 cangkir per hari setelah makan akan membantu memproses makanan dan merangsang pergerakan usus. Teh jahe pun bisa meredakan iritasi pada sistem pencernaan. Anda pun bisa memperoleh beberapa manfaat dalam secangkir teh jahe.

5. Teh peppermint
Saat badan kurang fit, hidung tersumbat hingga demam, teh peppermint mampu memberikan rasa nyaman dan melegakan pernapasan. Ternyata teh ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Efek menyejukkan dari kandungan mentolnya akan membuat perut rileks sementara menggerakkan sisa makanan di usus. Secangkir teh peppermint setelah makan akan berguna untuk orang yang mengalami sembelit dan rasa tidak nyaman pada perut.

(Bel)

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel