Koran Pemuda Indonesia
Uang Dalam Rekening Tiba-tiba Hilang, Nasabah Bank BNI Cabang Cirebon Lapor ke Polisi

Cirebon - Koran Pemuda, (14/04/2021) Seorang nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Cirebon, Neneng merasa kehilangan uang tabungannya yang berada didalam rekening

Resmi Kini Polresta Cirebon Dibawah Pimpinan Kombes Pol Arif Budiman

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (17/06/2021) Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, resmi memimpin Polresta Cirebon menggantikan Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Belasan Rumah di Jatiyoso Kab. Karanganyar Tertimbun Longsor, Balai Desa Wonokeling Hampir Rata Dengan Tanah

Karanganyar - Koran Pemuda, (02/01/2021) Tanah longsor terjadi di Desa Wonokeling Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jatisoyo Kamis sore (01/04/2021) hingga malam hari

135 Desa di Kab. Cirebon Langsungkan Pilwu Serentak November 2021 Mendatang

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (30/03/2021) Dijelaskan H. Imam Ustadi, S.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, 135 yang tersebar di 38 Kecamatan diwilayah Kabupaten Cirebon akan melangsungkan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak pada November 2021 mendatang

Paguyuban Wartawan Cirebon Raya (PWCR) Jalin Sinergitas Dengan DPP FSPC

Cirebon - Koran Pemuda, (28/03/2021) Paguyuban Wartawan Cirebon Raya (PWCR) yang diketuai oleh Sudarto, bersilaturahmi dan jalin sinergitas dengan Forum Silaturahmi Pemuda Cirebon (FSPC) untuk membangun Cirebon menuju arah yang lebih baik.

Cuci Pusaka (Panjang Jimat) Keris Ki Jimat, Di Keraton Kaprabonan Cirebon

Cirebon - Koran Pemuda, (25/10/2020)
Di Bulan Maulid (Mulud) memang banyak kegiatan-kegiatan adat di Cirebon, seperti kegiatan tradisi cuci pusaka atau yang biasa disebut Panjang Jimat.

Keraton Kaprabonan Cirebon, mengadakan kegiatan tradisi Cuci Pusaka (Panjang Jimat), Sabtu (24/10). Dengan tetap mematuhi protokeler kesehatan acara tersebut berjalan lancar dan khidmat.

Beberapa pusaka Keraton Kaprabonan Cirebon, seperti Keris Ki Jimat, Keris Paksi Naga Liman dan Keris yang lainnya nampak dicuci dan dibersihkan. Tak hanya keris, dalam acara tersebut juga diadakan Ngecis Wayang Kulit Kaca yang merupakan salah satu pusaka Keraton Kaprabonan.
Sultan Keraton Kaprabonan Cirebon, Dr. Ir. Pangeran Hempi Raja Kaprabon, MP., mengatakan kepada Koran Pemuda Indonesia
"Keris Ki Jimat adalah keris lambang kebesaran lambang Sultan yang diberikan dari Sultan Anom I Pangeran Raja Moch. Badrudin kepada putera pertama Pangeran Raja Adipati Kaprabon, sehingga di Keraton Kaprabonan menjadi lambang Sultan."
"Bahwa siapa yang memegang keris itu, maka dia lah yg menjadi Sultan. Hal itu dialami waktu ada pemilihan Sultan Kaprabon, Ayahanda Pangeran Angkawijaya memberikan Keris Ki Jimat kepada Pangeran Aroeman Raja Kaprabon sebagai penerus Sultan Kaprabonan padahal dia putra ketiga dari P. Angkawijaya, putra pertama laki-laki dan kedua perempuan." Jelas Sultan Keraton Kaprabonan Cirebon, Dr. Ir. Pangeran Hempi Raja Kaprabon, MP.,

(Jay)
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel