Koran Pemuda Indonesia
Pemdes Jungjang Tampung Aspirasi Pedagang Terkait Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Jungjang

Kab Cirebon - Koran Pemuda, (04/08/2021) Pedagang Pasar Rakyat Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon kembali melakukan aksi terkait pembangunan revitalisasi Pasar Rakyat Desa Jungjang.

Berkembang Isu Harga Kios di Pasar Jungjang Terlalu Mahal, Berikut Harga Resmi Dari PT. Dumib

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (29/07/2021) Telah berkembang isu perihal revitalisasi pembangunan Pasar Rakyat Desa Jungjang Kec. Arjawinangun Kabupaten Cirebon, yang melibatkan pihak ketiga, yakni PT. Dumib, dianggap oleh beberapa pedagang mematok harga kios dan los yang terlalu mahal.

Ramai Disangka Gunakan Dana Sumbangan Untuk Anak Yatim, Berikut Klarifikasi Kuwu Desa Beber

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (04/07/2021) Sempat ramai dugaan Kuwu Desa Beber Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Momon memakan uang untuk dibagikan anak yatim. Dan sebagian warga memintanya mundur dari jabatan.

135 Desa di Kab. Cirebon Langsungkan Pilwu Serentak November 2021 Mendatang

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (30/03/2021) Dijelaskan H. Imam Ustadi, S.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, 135 yang tersebar di 38 Kecamatan diwilayah Kabupaten Cirebon akan melangsungkan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak pada November 2021 mendatang

Perlu Diketahui, Sejak 2 Februari 2021 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Telah Dihapus Digantikan Dengan PBG

Nasional - Koran Pemuda, (04/08/2021) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan menggantinya dengan Persetujuan Bagunan Gedung (PBG).

Kuwu Desa Danawinangun ; DPRD Kab.Cirebon Harap Segera Kawal Penyaluran CSR Melalui Desa Untuk Penanganan Covid-19

Koran Pemuda, Kab.Cirebon (12/05/2020)
Pemerintah Desa di Kabupaten Cirebon  kesulitan dan cukup kerepotan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 hingga mengalokasikan sekitar 25% hingga 30% untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di Desanya masing-masing, tak terkecuali untuk pemberian Bantuan Sosial (Bansos) kepada warganya yang tidak ter-cover dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Akan tetapi, penyaluran dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibilty (CSR) yang angkanya nilainya cukup besar perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Cirebon diduga tidak disalurkan melalui Desa untuk pencegahan dan Penanganan Covid-19 ini.

Hal ini ditanggapi oleh Kuwu Desa Danawinangun, Maman Sukarman. Dirinya menyempaikan kepada Koran Pemuda Indonesia, bahwa seharusnya CSR dapat diserap oleh Desa dan disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19, sehingga ditengah keadaan Pandemi virus Corona/Covid-19 yang sedang melanda Kabupaten Cirebon ini, dana CSR dari perusahaan di Kabupaten Cirebon dapat membantu masyarakat terdampak Covid-19.

"Sesuai Peraturan Bupati Nomor 76 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Serta Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Pasal 14 ayat (2) huruf (c) , bahwa Program Bina Lingkungan oleh Perusahaan dapat disalurkan dalam bentuk Peningkatan Prasarana dan Sarana Kesehatan, dan Sanitasi dasar."Ujar Maman Sukarman

"Dalam hal ini, Tim Fasilitasi Penyelenggara Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan serta Program Bina Lingkungan Kabupaten Cirebon diharap dapat menyalurkan dana CSR dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Cirebon ke Desa-Desa untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku." Lanjut Sukarman

"Diharapkan kepada DPRD Kabupaten Cirebon sebagai fungsi pengawasan dan wakil rakat serta Pihak Kepolisian dapat mengawal penyaluran CSR dari perusahaan kepada Pemerintah Desa untuk penanganan dan pencegahan Covid-19, agar Perbup Nomor 76 Tahun 2017 dapat dilaksanakan dan bukan hanya retorika biasa yang tidak diindahkan dalam pencagahan dan penanganan Covid-19. Dan diharapkan pula kepada Ketua DPRD Kabupaten Cirebon segara mengambil tindakan terkait penyaluran CSR dari perusahaan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 ini agar dapat membantu masyarakat terdampak Covid-19" Papar Kuwu Desa Danawinangun, Maman Sukarman

(Nashrun)

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel