Koran Pemuda Indonesia
Pemdes Jungjang Tampung Aspirasi Pedagang Terkait Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Jungjang

Kab Cirebon - Koran Pemuda, (04/08/2021) Pedagang Pasar Rakyat Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon kembali melakukan aksi terkait pembangunan revitalisasi Pasar Rakyat Desa Jungjang.

Berkembang Isu Harga Kios di Pasar Jungjang Terlalu Mahal, Berikut Harga Resmi Dari PT. Dumib

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (29/07/2021) Telah berkembang isu perihal revitalisasi pembangunan Pasar Rakyat Desa Jungjang Kec. Arjawinangun Kabupaten Cirebon, yang melibatkan pihak ketiga, yakni PT. Dumib, dianggap oleh beberapa pedagang mematok harga kios dan los yang terlalu mahal.

Ramai Disangka Gunakan Dana Sumbangan Untuk Anak Yatim, Berikut Klarifikasi Kuwu Desa Beber

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (04/07/2021) Sempat ramai dugaan Kuwu Desa Beber Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Momon memakan uang untuk dibagikan anak yatim. Dan sebagian warga memintanya mundur dari jabatan.

135 Desa di Kab. Cirebon Langsungkan Pilwu Serentak November 2021 Mendatang

Kab. Cirebon - Koran Pemuda, (30/03/2021) Dijelaskan H. Imam Ustadi, S.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, 135 yang tersebar di 38 Kecamatan diwilayah Kabupaten Cirebon akan melangsungkan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak pada November 2021 mendatang

Perlu Diketahui, Sejak 2 Februari 2021 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Telah Dihapus Digantikan Dengan PBG

Nasional - Koran Pemuda, (04/08/2021) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan menggantinya dengan Persetujuan Bagunan Gedung (PBG).

Cagar Budaya Situs Buyut Kuta Gede Rusak, Disbudparpora Kab.Cirebon Jangan Hanya Diam!

Koran Pemuda, Cirebon (04/05/2020)
Sebuah Pohon Tunut berukuran besar ini tumbang menimpa dinding Situs Buyut Kuta Gede yang berada di Desa Bojong Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon, tumbangnya pohon tunut ini disebabkan angin yang cukup kencang dan juga usia pohon yang sudah tua.

Sudah sekitar dua bulan berlalu pohon tunut ini tumbang menimpa tembok Situs Kuta Gede, warga setempatpun sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk mengambil tindakan, termasuk Pemerintah Desa Bojong Lor, namun belum juga ada langkah yang diambil baik dari Pemerintah Desa maupun Dinas terkait.


Alhasil, warga setempat bersama Bhabinsa Desa Bojong Lor melakukan kegiatan perbaikan tembok yang terkena dampak tumbangnya pohon tunut ini, masyarakat Desa Bojong Lor juga melakukan renovasi terhadap tembok Situs Buyut Kuta Gede yang rusak ini, dana yang digunakan untuk kegiatan tersebutpun diambil dari hasil swadaya masyarakat Desa Bojong Lor.

"Untuk sementara anggaran yang kita pakai untuk melakukan kegiatan perbaikan dan renovasi Situs Buyut Kuta Gede Desa Bojong Lor ini murni bersumber dari hasil swadaya masyarakat, dan mungkin jika kurang nanti akan mengambil dari uang kas pengelola Situs Buyut Kuta Gede, akan tetapi untuk sementara ini semua hasil dari swadaya masyarakat baik sumber anggaran maupun tenaga kerjanya." Ujar Bapak Dedi, Bhabinsa Desa Bojong Lor yang memprakarsai renovasi Situs Buyut Kuta Gede


Tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat tumbangnya pohon tunut ini, akan tetapi sangat disayangkan sudah sekitar dua bulan berlalu kejadian pohon tunut tersebut tumbang, Pemerintah Kabupaten Cirebon maupun Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cirebon diduga hanya diam.


Ditempat terpisah, Sekjen DPP Forum Silaturahmi Pemuda Cirebon, Nashrun Amin menanggapi hal tersebut
"Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya, Situs Buyut Kuta Gede yang berada di Desa Bojong Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon ini masuk kedalam cagar budaya yang harus dilindungi dan dilestarikan." Ujarnya

"Ketika sebuah situs sudah di data oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, maka ketika terjadi hal seperti ini Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga harus cepat mengambil tindakan, sebagai bentuk Pemeliharaan Cagar Budaya, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76 Undang-Undang Cagar Budaya Nomor 11 Tahun 2010." Lanjut Sekjen DPP Forum Silaturahmi Pemuda Cirebon

(Bagus Antoni/Moh.Rifa'i)
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel